Organisasi Komputer Dasar

Arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak bagi seorang pemrogram. Atau arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Cotoh atribut arsitektur komputer adalah set intruksi, jumlah bit untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memori. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja tinggi dengan biaya yang layak, serta dapat memenuhi persyaratan karakteristik komputer lainya.
Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Organisasi komputer memberikan gambaran yang lebih dalam mengenai struktur fungsional dan interkoneksi logika-logika antar unit-unit. Organisasi komputer meliputi rincian hardware  yang dapat diketahui pemrogram, seperti sinyal-sinyal kontrol, interface komputer dan peripheral, dan teknologi memori yang digunakan. Dua komputer dengan arsitektur yang sama dapat saja mempunyai organisasi yang berbeda, demikian pula sebaliknya. Sebagai analogi dimana seorang arsitek menggambar denah untuk dua rumah namun material bangunan yang digunakan dapat saja berbeda untuk membangun kedua rumah tersebut. Jadi, di dalam perancangan sebuah komputer, yang pertama diterapkan adalah arsitekturnya, baru memutuskan organisasinya.

Gambar 1. Struktur fungsional PC

Pada gambar 1. ditunjukan struktur fungsi parsial PC. Papan sistem (papan CPU) berfungsi sebagai papan-utama (Motherboard) dengan slot I/O yang terinterkoneksi ke berbagai sub papan PCB lainya. Umumnya sub papan PCB merupakan pengontrol dan memori, misalnya dalam gambar tersebut CRT merupakan sub papan. Papan utama mempunyai empat blok fungsional yaitu CPU, RAM, ROM dan pengontrol keyboard. Pengontrol CRT mempunyai memori penyangga video yang on-board yaitu memori layar.
             -           CPU (Central Processsing Unit ) : Mengontrol operasi komputer dan membentuk fungi-fungsi pengolahan data. Seringkali CPU disebut sebagai processor saja.
              -          Memori Utama : Menyimpan data
              -          I/O : Memindahkan data Antara komputer dengan lingkungan luar
              -          Sistem interkoneksi : Beberapa mekanisme komunikasi antar CPU, memori utama, dan I/O.

Sistem interkoneksi : Beberapa mekanisme komunikasi antar CPU, memori utama, dan I/O Gambar 2 Hirarki Struktur Fungsional sebuah sistem PC 

Gambar 2. hirarki struktural komponen Pc

Komponen yang paling menarik dan kompleks adalah CPU, komponen-komponen struktur utamanya adalah:
-          Control Unit  : Mengontrol operasi CPU dan pada giliranya mengontrol computer
-          ALU ( Arithmetic and Logic Unit ) : Membentuk fungsi-fungsi pengolahan data computer
-          Register : Sebagai penyimpanan internal bagi CPU
-          CPU Interconnections: Sejumlah mekanisme komunikasi Antaracontrol unit , ALU dan register-register Struktur fisik menetapkan modul fisik dan hubungan diantaranya. Struktur fisik tidak mempengaruhi kinerja hanya saja berpengaruh terhadap biaya.
                   -          Control Unit  : Mengontrol operasi CPU dan pada giliranya mengontrol computer
               -          ALU ( Arithmetic and Logic Unit ) : Membentuk fungsi-fungsi pengolahan data computer
                 -          Register : Sebagai penyimpanan internal bagi CPU
               -           CPU Interconnections: Sejumlah mekanisme komunikasi Antaracontrol unit , ALU dan register-register Struktur fisik menetapkan modul fisik dan hubungan diantaranya. Struktur fisik tidak mempengaruhi kinerja hanya saja berpengaruh terhadap biaya.

Komentar

Postingan Populer